Mengenai Saya

Senin, 30 Agustus 2010

Mengirim Surat Lamaran via E-Mail

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini dan penggabungan teknologi dengan proses-proses bisnis, semakin banyak perusahaan yang menuntut para pelamar pekerjaan untuk mengirimkan surat lamaran mereka melalui e-mail. Dengan demikian kesan pertama tentang diri Anda tidak tersampaikan melalui penampilan Anda, tetapi melalui kualitas dan isi e-mail Anda. E-mail yang berisi surat lamaran pekerjaan seharusnya dipoles dan disusun dengan baik. Kalau Anda mengirim lamaran pekerjaan melalui e-mail, gunakan tips berikut ini:

*) Lengkapi kalimat-kalimat Anda dan jangan menyingkat kata apapun
Para pimpinan perusahaan tidak suka kalau Anda mengirimi mereka surat lamaran pekerjaan yang terlalu kasual. Merupakan hal yang penting untuk membuat sebuah surat yang formal dan ditulis dengan baik. Hal ini akan menimbulkan kesan yang baik mengenai kemampuan dan keterampilan-keterampilan Anda

*) Langsung ke pokok permasalahan
Ketika Anda menulis surat lamaran pekerjaan, Anda harus menyatakannya dengan ringkas dan terus terang. Jangan menulis cerita pada surat lamaran Anda hanya untuk mendapatkan perhatian dari pimpinan perusahaan. Kemungkinan pimpinan perusahaan tersebut justru akan terganggu dengan Anda dan hal ini akan mengurangi kesempatan Anda untuk dipekerjakan.

Pertimbangkan masalah-masalah potensial yang mungkin menghalangi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan. Meskipun ada banyak instansi yang menawarkan banyak lowongan pekerjaan, tetapi persyaratan-persyaratan untuk memenuhi pekerjaan yang ditawarkan mungkin menuntut Anda menguasai program-program pelatihan tertentu. Hal ini mungkin mengalangi Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut karena tingkat kompetisi yang memang sangat tinggi. Beberapa pekerjaan menuntut orang-orang yang berpengalaman kerja, bahkan paling tidak selama 3 tahun. Beberapa pekerjaaan mungkin tidak menuntut syarat apa pun untuk mengajukan lamaran, tetapi pekerjaan itu sendiri mungkin memerlukan arus kerja yang sangat rutin.

Mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan mungkin merupakan suatu tantangan, tetapi jangan pernah kehilangan harapan. Lebih baik bagi Anda untuk menunggu sementara waktu dan mendapatkan pekerjaan yang Anda senangi daripada mendapatkan pekerjaan secepat mungkin tetapi berakhir dengan ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan. Buatlah keputusan yang tepat kemudian bertindaklah untuk mencapainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar