Mengenai Saya

Rabu, 18 Agustus 2010

Pola Pikir Sekretaris Profesional

Pola pikir sekretaris profesional yang penting untuk senantiasa dibangun dan dikembangkan adalah cara berpikir positif, kontruktif dan efektif.
1. Berpikir Positif
Berpikir positif merupakan cara pandang seseorang terhadap berbagai masalah dengan kacamata positif sehingga akan menghasilkan sesuatu yang positif juga. Sekretaris harus memiliki cara berpikir yang positif.
Beberapa contoh perbandingan seorang sekretaris yang mampu berpikir positif dan negatif dapat dilihat sebagai berikut:
Pikiran Negatif Pikiran Positif
* Pimpinan tidak menyukai saya * Saya akan berusaha bekerja semaksimal
mungkin agar pimpinan mengetahui
potensi saya sebenarnya dan menyukai
saya karena kemampuan saya
* Saya gagal melakukan tugas * Saya gagal tetapi saya akan mencoba lagi
* Saya telah mencoba, tetapi pimpinan * Saya memang belum sempurna
tetap memprotes saya mengerjakan, tetapi saya tidak akan
menyerah sampai pimpinan mengakui hasil
kerja saya.
* Saya sudah bekerja lima tahun tetapi * Usia lima tahun bisa dikatakan lama, tetapi
tidak ada peningkatan karier masih banyak waktu untuk berkarya dan
meningkatkan karier saya.
* Saya takut dan terlalu muda untuk * Saya memang masih muda dan belum
memimpin rapat berpengalaman, tetapi saya akan berusaha
keras untuk memimpin rapat.
2. Berpikir Konstruktif
Berpikir konstruktif berarti membangun kesadaran yang bersifat membina, membangun dan memperbaiki, sehingga kita tidak tenggelam dalam alam yang pesimis dan ketakutan yang tidak beralasan.
Dengan berpikir konstruktif, kita tidak terjebak pada hal-hal yang stagnan atau mengulang kesalahan lama, namun senantiasa memikirkan bagaimana saya mampu menghasilkan karya yang terbaik.
3. Berpikir Efektif
Berpikir efektif berarti cara pandang seseorang untuk mencapai suatu tujuan melalui kecakapan yang dimilikinya. Sekretaris tidak hanya berpikir sampai pada berpikir konstruktif atau berpikir membangun. Namun juga harus memiliki cara pandang yang mengarah pada pencapaian tujuan dengan pemikiran yang praktis dan sistematis.
Dikutip dari : Buku Sekretaris Profesional
Karangan : Rumsari Hadi Sumarto dan Lukas Dwiantara
Penerbit Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar